Target Reach Facebook Kurang Tinggi? Posting Di Waktu Ini

facebook

Para pemilik bisnis online terus mengembangkan strategi bisnis media sosial untuk lebih menjangkau target pasar mereka. Meskipun menyadari potensi media sosial dapat meningkatkan traffic, kesadaran merek, lead, dan penjualan, internet marketer sering dibuat kewalahan dengan tugas ini. Mempertahankan kehadiran di beberapa situs media sosial bisa menjadi tugas yang rumit dan tantangan tersendiri bagi bisnis.

Tidak ada rumus ajaib untuk membuat media sosial yang sukses dalam semalam, tapi kita bisa mulai dengan mengoptimalkan performa pada salah satu situs jejaring sosial pada waktu tertentu. Misalnya kita ambil contoh Facebook, ada beberapa kesempatan dari prospek yang belum dimanfaatkan secara maksimal, tapi kita melewatkannya begitu saja.

Selama tiga puluh (30) hari, fokuslah menggunakan Facebook untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis Anda. Ini bisa dibilang merupakan jaringan online terbesar di dunia, bahkan sedikit perbaikan dalam aktivitas di Facebook dapat berarti banyak untuk bisnis Anda.

Fakta tentang Facebook

Industri keuangan sering berbicara tentang market timing, namun dengan media sosial, kita harus tahu kapan waktu yang tepat untuk posting. Untungnya, banyak perusahaan telah mempelajari tren waktu Facebook yang bisa diakses melalui Insights analytics tool. Kita semua tahu bahwa perusahaan, terutama bisnis online sering menawarkan layanan 24/7 dengan jangkaun global. Namun, kita masih bisa mengamati beberapa kecenderungan pengguna terlepas dari zona waktu Anda:

  • Rata-rata Click-Through Rate (CTR) tertinggi terjadi antara pukul 1 siang dan 4 sore, memuncak pada hari Rabu pukul 3 sore.
  • Waktu terburuk untuk posting adalah akhir pekan, baik sebelum pukul 8 pagi dan setelah 8 malam.
  • Tambahkan foto atau gambar untuk meningkatkan keterlibatan, 50% lebih mendapatkan ‘likes’ dan dua kali lipat komentar.

Apakah Anda ingin konten Anda dibagikan?

Dalam hal ini, cobalah membuat post pada pukul 1 siang. Orang-orang tampaknya sedang berada dalam suasana hati (mood) yang baik, dan sementara itu mungkin mereka tidak melihat posting Anda untuk diri mereka sendiri, mereka cenderung membagikannya ke rekan kerja dan teman-teman.

Meskipun Anda mungkin mendapatkan lebih banyak klik pada hari Rabu, jangan menghitung hari Kamis dan Jumat untuk keterlibatan pengguna yang sebenarnya. Orang-orang sering membutuhkan 12-24 jam untuk pemanasan pikiran, seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan 6-7% dari periode Senin hingga Rabu. Mungkin tidak mengherankan, Facebook disebut indeks “kebahagiaan” sepuluh persen lebih tinggi pada hari Jumat dibandingkan selama sisa hari kerja.

Bagaimana faktor-faktor ini bisa mempengaruhi strategi Facebook Anda? Terbukti, Anda bisa mencoba posting materi baru setiap hari selama ‘siang menjelang sore’ tepat setelah jam makan siang. Orang sering bermalas-malasan setelah makan siang dan biasanya mereka menggunakan Facebook untuk mencari informasi peristiwa-peristiwa terbaru sebelum kembali bekerja. Hal ini bisa menjadi waktu yang ideal untuk melibatkan mereka dengan konten pemasaran asli.

Terakhir, jangan lupa manfaatkan Facebok Insight untuk menganalisis kapan hari dan waktu terbaik membuat post untuk audiens spesifik Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *