Sstt.. Fitur Rahasia Social Media yang Jarang Diketahui Banyak Orang

social media

Social media kini telah menjadi bagian dari gaya hidup orang masa kini. Mungkin tanpa social media hidup akan berasa hampa. Ada banyak sekali social media populer seperti Facebook, Twitter, G+, Instagram, Path, dan masih banyak lagi. Penggunaan social media saat ini juga tidak lagi terbatas pada perorangan, tetapi juga telah merambah ke dunia bisnis.

Hampir semua situs jejaring sosial menawarkan fungsi yang sama seperti post, share, like, dan comment. Namun, dibalik fitur-fitur tersebut ada beberapa fitur tersembunyi yang jarang diketahui banyak orang yang mungkin dapat meningkatkan bisnis kita. Penasaran? Berikut ulasannya.

Twitter

Twitter dikenal sebagai jejaring sosial yang memiliki batasan 140 karakter untuk setiap tweet. Fitur ini telah lama menjadi sumber masalah ketika ingin menargetkan beberapa influencer. Banyak brands berakhir dengan membuat tweet berisi pesan yang sama hanya dengan satu influencer. Tapi masih ada cara lain untuk mengatasi hal ini.

Kita dapat menandai (tag) foto hingga 10 orang di Twitter. Telebih lagi, tag ini tidak diperhitungkan batas karakternya, sehingga kita bebas untuk menggunakan berapapun banyak karakter untuk menyertakan pesan pemasaran, kontak, atau call to action.

Facebook

Di Facebook, kita dapat memberantas masalah admin tanpa nama dengan menampilkan identitas sebenarnya dari orang-orang di balik page activity. Hal ini dapat membantu untuk membangun kepercayaan dalam bisnis dan membantu untuk menampilkan merek kita jujur dan transparan.

Kita juga dapat menambahkan fitur halaman (di Settings > Featured) untuk menampilkan hubungan kita dengan partners atau pelanggan utama.

2

Menyisipkan tweet di seluruh web mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Tapi kita juga bisa melakukan hal yang sama dengan konten Facebook. Selama post adalah public kita dapat menemukan tombol embed di bawah post options. Fitur ini menawarkan cara yang baik untuk mendapatkan konten untuk blog post.

LinkedIn

LinkedIn bisa menjadi cara yang fantastis dari pertumbuhan kontak bisnis kita dan menghubungkan dengan partner bisnis potensial. Tapi juga bisa menjadi sulit untuk menghubungi orang secara langsung tanpa akun Pro atau tanpa mereka menerima permintaan kita. Salah satu fitur yang tersembunyi di LinkedIn adalah ketika bergabung dengan grup umum, kita sebagai anggota grup dapat saling mengirim pesan satu sama lain tanpa harus terhubung.

Untuk memulai percakapan kita hanya perlu bergabung dengan grup umum dan mencari sebuah post dari salah satu anggota grup tersebut. Kemudian kita akan menemukan pilihan untuk membalas secara pribadi.

YouTube

Ada fitur tersembunyi di YouTube yang dapat membantu meningkatkan konten merek kita.

Pertama, kita dapat berbagi video pada titik tertentu. Katakanlah kita memiliki video dengan durasi 5 menit, mungkin 2 menit pertama hanya berisi rekaman yang membosankan/kurang begitu menarik. Sehingga, kita tidak ingin menampilkannya, dan hanya ingin menampilkan rekaman yang benar-benar relevan. Untuk melakukannya, majukan waktu pada rekaman yang ingin kita tampilkan, klik “Share” dan pilih “Start at time”, yang muncul di bawah URL. Sekarang, ketika pengguna mengklik link video, mereka akan langsung melihat rekaman yang sesuai.

Kedua, YouTube memiliki fitur tersembunyi berupa GIF maker (berlaku hanya untuk beberapa video). Fitur ini memungkinkan kita untuk membuat animasi GIF sendiri dari YouTube. Setelah selesai menyeleksi video, klik tombol “Share”. Kemudian klik menu tab GIF, di samping “Embed” dan “Emails” tabs, dan pilih waktu awal dan akhir serta teks yang ingin kita masukkan. Setelah selesai, klik “Create” dan YouTube akan memberikan animasi GIF yang siap untuk dibagikan.

Itulah beberapa ulasan mengenai fitur rahasia social media yang jarang diketahui banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *