Siklus hidup dari nama domain

 

otoritas domain
Picture Source : Google

Lebih dari dari 300 juta nama domain yang saat ini terdaftar di Internet, .COM dan .NET tetap menjadi ekstensi yang paling umum digunakan (135 juta sesuai dengan registry Verisign). Hal ini penting untuk Startup memilih yang singkat, nama terdengar baik dan untuk menyadari beberapa fakta yang datang dengan memiliki nama domain.

Pada Gandi, kita sering memiliki pertanyaan dari pelanggan kami saat nama domain bisa diperbaharui atau ketika bisa didaftarkan oleh mereka dalam kasus yang mereka temukan pemilik sebelumnya tidak ingin memperbaharui lagi. Perubahan pemilik dan mentransfer nama domain juga memiliki tenggat waktu atau jadwal tertentu untuk mematuhinya.

Penting untuk mengetahui “siklus nama domain” yang bervariasi dari ekstensi. Nama domain negara tingkat atas (seperti SG atau CN mengikuti aturan pendaftaran yang sangat berbeda dan prosedur perubahan pemilik). Untuk ekstensi umum seperti .COM / .NET proses ini cukup jelas. Jadi untuk membantu setiap orang memahami siklus hidup .COM / .NET kita buat infografik ini:

1

Hal yang dapat Anda ambil adalah jika Anda salah ketik pada saat pendaftaran (sayangnya lebih umum daripada anggapan kebanyakan orang) tetapi beberapa hari kemudian Anda masih memiliki kesempatan untuk memiliki registrar Anda dengan memperbaikinya (sebagian besar gratis). Anda juga bisa melihat bahwa selama dua bulan pertama tidak mungkin mengubah registrar atau mengubah pemilik, sehingga pilihlah registrar yang tidak memaksa Anda untuk membeli produk lainnya dari mereka (seperti kami ‘tidak omong kosong’ janji di Gandi). Pastikan bahwa Anda masih memiliki akses ke alamat email yang Anda gunakan untuk pendaftaran. Jika Anda menggunakan alamat email yang terkait dengan ISP Anda, apakah Anda yakin bahwa Anda masih memiliki akses ke sana setelah 3—4 tahun? Dalam kebanyakan kasus, Anda bisa menggunakan alamat email dari domain baru terdaftar itu sendiri (kebanyakan pendaftar menawarkan layanan redirection email gratis). Tetapi jika Anda lupa tentang memperbarui nama Anda, Anda masih bisa memperbarui itu dua bulan setelah kadaluwarsa. Jadi bahkan jika Anda berjalan lama ke Amazonas masih ada kesempatan memulihkan nama domain Anda, meskipun tidak akan menyelesaikan ke alamat IP pada titik ini lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *