Nama Domain: Mana yang Terbaik Diantara .Com, .Net & .Us?

Creative abstract global internet communication PC technology and web telecommunication business computer concept: macro view of group of color cubes with domain names on laptop or notebook keyboard with selective focus effect
Creative abstract global internet communication PC technology and web telecommunication business computer concept: macro view of group of color cubes with domain names on laptop or notebook keyboard with selective focus effect

Dalam memilih sebuah nama domain, kita akan dihadapkan dengan banyaknya pilihan ekstensi domain seperti .com, .net, dan .org. Namun, ketika ingin mendaftarkan nama domain dengan ekstensi .com dan ternyata telah dipakai orang lain, apa yang harus kita lakukan?

Kemungkinannya adalah dengan mendaftarkan domain yang disarankan seperti .org, .net, .biz atau beberapa top level domain lainnya. Tapi apakah harus?

.com atau tidak ada

Banyak orang percaya bahwa domain .com adalah domain yang paling populer, meskipun begitu ada banyak bisnis yang menggunakan top level domain lainnya tanpa ada masalah. Yang perlu dipikirkan adalah bagaimana pengunjung dapat mengakses situs kita. Jika mereka mengetikkan nama perusahaan kita di URL bar lalu tekan enter, kemudian mendapatkan domaian .com itu adalah suatu keharusan.

Domain .org dan .net

.com, .net dan .org merupakan TLD yang cukup populer saat ini. Dulu, ada sedikit perbedaan antara .org dan .net. Domain .org ditujukan untuk organisasi non-profit, sedangkan domain .net sering digunakan untuk perusahaan-perusahaan internet. Karena tidak ada regulasi yang tepat, saat ini siapapun bisa mendapatkan nama domain .org maupun .net.

Jika kita tidak bisa mendapatkan nama domain yang diinginkan seperti .com, mungkin .net atau .org bisa menjadi salah satu alternatif. Satu-satunya kekurangan dari TLD ini adalah beberapa registrars memberikan biaya tambahan untuk mereka.

Nama domain yang sempurna melebihi TLD

Banyak yang mengatakan bahwa jika kita memiliki nama domain yang sempurna, salah satunya yang mudah diingat, mudah dieja, dan menarik, ekstensi domain apapun yang kita gunakan tidak masalah. Hal ini juga berlaku jika kita memiliki nama perusahaan yang sudah mapan dan tidak ingin mengubahnya untuk mengakomodasi domain website. Misalnya, “mycompanyname.biz” bisa menjadi mudah dikenal meskipun menggunakan TLD yang kurang populer.

TLD masing-masing negara

Setiap negara biasanya memiliki TLD yang berbeda-beda yang digunakan untuk menunjukkan produk atau layanan yang tersedia di negara tersebut. Seperti contohnya:

.us untuk Amerika Serikat

.co.uk untuk Inggris dengan alamat .com

.de untuk Jerman

Beberapa domain negara hanya bisa didaftarkan oleh bisnis yang beroperasi di negara tersebut, sementara yang lain tersedia secara bebas untuk siapapun dengan syarat bersedia membayar biaya domain. Misalnya saja .tv sebenarnya merupakan TLD negara, tapi banyak stasiun televisi yang telah membeli dan menggunakan domain tersebut.

Hal yang perlu diingat, jika ingin menggunakan TLD negara sementara bisnis kita tidak beroperasi di negara tersebut, ini mungkin bukanlah ide yang bagus. Beberapa orang mungkin akan mengira bahwa bisnis kita hanya tersedia di negara tersebut, padahal sebenarnya adalah global.

Kesimpulannya adalah ekstensi apapun itu baik  .com, .net, dan .org cukup baik untuk digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *