Mengapa WordPress Bagus Untuk Membuat Website?

wordpress

WordPress secara luas dapat digunakan untuk berbagai jenis website, seperti website pribadi dan profesional. Seiring dengan berjalannya waktu, WordPress kini terus tumbuh menjadi CMS yang paling populer karena sangat mudah digunakan dan fungsinya yang hampir tak terbatas. WordPress memungkinkan bagi siapa saja untuk menjadi seorang webmaster tanpa harus mengerti bahasa pemrograman web, menyewa desainer web, atau menghabiskan banyak uang untuk membangun sebuah website.

Meskipun WordPress dapat menghemat biaya dalam membuat web, tapi jika kita baru belajar membuat web dengan anggaran yang terbatas, mungkin hosting yang murah bisa menjadi pertimbangan penting.

Mengapa WordPress hosting itu penting?

Meskipun WordPress sangat sederhana, itu tetap platform yang canggih untuk menjalankan sebuah website. Interface yang user-friendly dan tidak diperlukan keterampilan khusus untuk membuat website adalah salah satu ciri dari WordPress. Kita dapat menambahkan hampir semua jenis konten dengan mudah. Kita bisa menulis artikel di media/aplikasi apapun, kemudian copy-paste ke WordPress. Bahkan, untuk pemeliharaan WordPress tidak terlalu rumit. Inilah alasan terbesar kenapa WordPress begitu populer.

Oleh karena itu, ada banyak web hosts yang tersedia untuk menjalankan sebuah website berbasis WordPress. Bahkan, kita bisa menjalankan website WordPress menggunakan web hosts dengan harga yang sangat terjangkau. Namun, jangan sampai harga menjadi penilaian utama kita dalam memilih web hosting. Kita tetap harus memilih perusahaan web hosting yan profesional dan terpercaya. Belum tentu hosting dengan layanan yang terjangkau adalah yang terbaik begitupun sebaliknya.

Bagaimana cara menginstal WordPress?

Jika Anda adalah seseorang yang mengerti bagaimana menggunakan database dan FTP, WordPress dapat diinstal dengan sangat mudah. Namun, jika kita belum pernah sama sekali mendengar istilah tersebut, itu mungkin akan sedikit membingungkan. Jangan khawatir, kita bisa menginstal WordPress menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Fantastico atau Softaculous. Aplikasi ini memungkinkan kita menginstal WordPress hanya dengan sekali klik.

Ini adalah pilihan, jika kita ingin ingin menghabiskan waktu di awal untuk belajar semua fitur WordPress, maka kita perlu mempelajari dan memahami apa itu databases dan file transfer protocol (FTP). Sebaliknya, jika kita ingin memulai dengan cepat, pilihlah web hosting yang menawarkan fitur “one-click installation” WordPress.

Jika kita memilih one-clik installation WordPress, itu berarti kita memiliki lebih banyak waktu di awal untuk memahami semua fungsi WordPress tanpa perlu menginstal WordPress sendiri.

Pilih web hosting WordPress sesuai dengan kebutuhan

Kita mungkin akan menemukan banyak sekali hosting yang menawarkan one-click installation untuk WordPress. Tapi selain dari fitur, tidak semua web hosting memiliki apa yang kita butuhkan. Sebelum menentukan web hosting mana yang akan kita gunakan, sebaiknya buat daftar lengkap semua fitur yang mungkin kita butuhkan untuk website saat ini maupun kedapannya. Kemungkinan daftar bisa saja berubah, tapi ini merupakan cara yang baik untuk memulai di awal.

Pertimbangkan jumlah ruang penyimpanan yang ditawarkan, bandwidth yang tersedia, database yang disediakan, dan akun email. Semua fitur ini akan menentukan berapa banyak ruang yang dibutuhkan website untuk terus tumbuh di masa depan.

Ingat, meskipun harga adalah faktor penting, tapi itu bukan satu-satunya faktor kunci. Pertimbangkan semua fitur yang ditawarkan setiap perusahaan web hosting sebelum membuat keputusan akhir. Pada akhirnya, web hosting yang kita pilih harus dapat dipercaya, terjangkau, dan bisa di upgrade.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *