Ini Dia 5 Kesalahan Toko Online dalam Mengirim Barang

toko online

Dalam bisnis online, pengiriman barang merupakan salah satu hal yang sangat vital. Merchants harus memastikan bahwa barang yang dikirimkan selamat sampai tujuan. Namun, tidak jarang barang yang dikirimkan dari merchants dalam keadaan bagus bisa menjadi rusak ketika sampai ketangan pelanggan, atau bahkan barang tidak sampai ke tangan pelanggan.

Pengiriman barang memang merupakan fase terakhir dalam setiap transaksi jual-beli online. Meskipun begitu, strategi pengiriman bisa menentukan apakah pelanggan akan melakukan pembelian lagi atau tidak. Berikut adalah 5 kesalahan toko online dalam mengirim barang.

1. Spesifikasi produk yang tidak akurat

Hampir semua platform ecommerce dapat terhubung ke operator atau shipping-service APIs dan menghasilkan rincian biaya pengiriman untuk pembeli online secara real time. Tapi ketika berat item atau dimensi yang dimasukkan dalam katalog produk online tidak akurat, maka rincian biaya pengiriman bisa menjadi kacau.

2. Mengabaikan biaya dimensi berat

JNE, Tiki, Pos, dan beberapa jasa layanan pengiriman barang lainnya biasanya menggunakan bentuk dimensi berat (DIM). Dimensi berat (kecil atau besarnya paket) secara signifikan dapat mempengaruhi biaya pengiriman.

3. Membuat pilihan kemasan yang buruk

Box, tape, dan bahan kemasan lainnya biasanya tidak gratis. Ukuran kemasan yang terlalu besar atau tidak sesuai dapat menjadi mahal. Terlebih lagi, memberikan pilihan kemasan yang tidak sesuai juga dapat meningkatkan biaya pengiriman.

4. Lupa menyantumkan gratis biaya pengiriman untuk item tertentu

Pembeli online selalu berharap ada penawaran gratis biaya pengiriman pada setiap toko online. Tapi tentunya tidak semua barang yang dijual gratis biaya pengiriman. Oleh karena itu, sertakan syarat dan ketentuan gratis biaya pengiriman untuk item tertentu.

5. Salah memilih jasa layanan pengiriman

Sebagai penjual, kita mungkin memiliki dua pilihan ketika menentukan kurir/jasa pengiriman, yaitu kurir internal dan kurir dari luar (pihak ketiga). Keuntungan memakai jasa kurir pribadi adalah fleksibilitas yang dimiliki penjual dalam menentukan biaya pengiriman. Sementara nilai lebih menggunakan jasa pengiriman barang seperti JNE/Tiki adalah adanya fasilitas asuransi barang yang disediakan oleh perusahan tersebut. Jadi, pastikan pertimbangkan dengan matang baik dan buruknya layanan pengiriman yang akan digunakan.

Itulah 5 kesalahan umum toko online dalam mengirim barang yang harus dihindari. Berniat membeli barang secara online? Silakan mampir di www.jejualan.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *