Branding: 5 Aplikasi Ecommerce untuk Meningkatkan Brand Awareness

DeathtoStock_NotStock6

Semua bisnis online dimulai dari hal yang sama: sebuah ide. Ide tersebut bisa jadi membawa sesuatu yang benar-benar baru ke dalam marketplace atau justru ide itu akan mengganggu stabilitas pasar dengan melakukan beberapa terobosan dari ide populer yang sudah ada (seperti yang MP3 lakukan pada album original, apa yang iTunes lakukan pada MP3, dan sekarang apa yang teknologi streaming lakukan pada iTunes).

Apapun bentuk idenya, semua membutuhkan strategi branding yang terbaik untuk membuat sebuah momentum. Biasanya, kegiatan branding itu dilakukan oleh tim marketing, terutama jika kamu memiliki toko online. Tentu saja, melakukan marketing untuk bisnismu tidaklah mudah. Sulit untuk menjaga kesuksesannya dengan semua tren digital marketing yang selalu berubah, berkurangnya optimasi melalui teknik SEO. Tapi jangan khawatir, akan selalu ada aplikasi solusi untuk kita.  Berikut ini adalah beberapa aplikasi ecommerce yang akan membantumu untuk mengoptimalkan brand awareness dan menarik calon pelanggan baru.

ReferralCandy

referralcandy

ReferralCandy dibuat dengan satu tujuan: membantu agar word-of-mouth (WOM) dalam marketing berhasil dalam dunia digital. Dengan kata lain, ReferralCandy membuat pelanggan yang sudah ada dan puas untuk merekomendasikan teman mereka menuju online store-mu. Semakin banyak pelanggan yang merekomendasikan online store atau produkmu, kamu juga akan meningkatkan revenue.

Dengan begitu, aplikasi ini akan memberi perhatian pada setiap detail termasuk melacak referrals, mengelola kode diskon dan mengawasi jika ada penipuan yang terjadi. Mulai dari 25$/bulan, ReferralCandy hadir dengan semua fitur out-of-the-box yang kamu butuhkan dan menawarkan 30 hari free trial. Dengan kata lain, tidak ada ruginya untuk sekedar mencobanya.

S Loyalty: Refer-a-Friend

S_Loyalty_Refer-a-Friend_image1

S Loyalty: Refer-a-Friend merupakan salah satu aplikasi terbaik yang bisa membuat pelanggan melakukan sebuah aksi melalui transaksi untuk memberitahukan pada dunia bahwa mereka baru saja melakukan pembelian dari tokomu. S Loyalty menggunakan pendekatan yang unik dengan memanfaatkan alamat email untuk menumbuhkan daftar ukuran sembari memberikan fasilitas referral.

S Loyalty menyediakan berbagai metriks dan membantu mendekatkan pelanggan VIP-mu, membuat hubungan B2Cmu lebih berarti. Dengan kata lain: aplikasi ini mengidentifikasi pelangganmu yang paling bahagia, paling vokal supaya kamu bisa memastikan mereka semakin loyal pada brandmu, dan terus menambah marketing word-of-mouth yang berharga.

Lumiary

Lumiary

Lumiary, sebuah platform intelijen marketing, mengintepretasi perilaku pelanggan dan memberikan insight yang lebih dalam tentang bisnismu. Dengan backendnya yang elegan, Lumiary memberikan informasi melalui bubbles yang menarik. Ikon gelembung ini akan memberikan peringatan, seperti jika ada produk yang sedang tren/banyak dibeli dan jika ada pelanggan yang sedang berbelanja. Platform ini beberikan informasi penting tentang bisnismu yang mungkin selama ini kamu lewatkan.

Aplikasi ini sangat membantu untuk lebih memahami value dari pelanggan yang loyal, dan bahkan memungkinkanmu membangun strategi melalui aplikasi ini.

Google AdWords

Google AdWords adalah jalan terbaik untuk mendapatkan traffic situs yang tinggi. Setelah mengidentifikasi kata kunci, kamu bisa melawan kompetitormu dalam penempatan di hasil pencarian teratas. Kamu bisa merencanakan budget untuk iklan tertentu, hingga ke masing-masing item.  Jika bisnismu berada di pasar yang sangat kompetitif, hal itu busa berarti semua perbedaan antara pelanggan yang membeli item dari tokomu atau toko kompetitor. Jika menurutmu Google AdWords masih terasa sulit, ada banyak agensi yang bisa membantumu membangun strategi tersebut.

Pinterest

Pinterest

Pinterest telah terbukti menjadi game changer untuk e-tailers semenjak kemunculannya pertama kali. Faktanya, Pinterest saat ini merupakan sosial media paling populer peringkat ke-3 di USA jika dilihat dari traffic dan platform-nya yang terikat dengan user-nya 2-3 kali lebih efisien dibandingkan Twitter dalam jangka waktu sejarah yang serupa. Ditambah, rata-rata volume order dari pelanggan yang berasal dari situs ecommerce Pinterest ini adalah 58.95$–lebih tinggi dari order value rata-rata Facebook yaitu 55$.

Dengan fitur Pin yang dengan hati-hati di-develop, kamu bisa mengirimkan produk bisnismu pada followers dengan format yang mudah dicerna. Jika kamu sedang mengadakan kampanye produk, kamu bisa memanfaatkan penggunaan multiple boards untuk membuat katalog produk yang sangat dinamis. Plus, kamu bisa embed board Pinterestmu ke dalam blog untuk membuat postingan yang shoppable tanpa harus menambahkan kode di dalamnya. Kemudian, gunakan channel sosial untuk mempromosikan board, bantu pelanggan dan calon pelanggan menemukan kehadiran Pinterest brandmu.

Akhirnya, aplikasi ecommerce di atas bermanfaat juga untuk menaikkan jumlah visitor, meningkatkan konversi dan revenue, serta menyukseskan strategi branding produk. Sebaiknya yang kamu lakukan adalah fokus pada customer experience setelah calon pelanggan baru mulai terhubung dengan situsmu.

Bingung pengen bikin toko online yang murah dan mudah? Jangan khawatir, jualan di Jejualan solusinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *