Begini Cara Melakukan Riset Content Marketing yang Efektif!

conten marketing

Riset pemasaran konten sangat penting untuk keberhasilan iklan bisnis kita di internet. Kita harus tahu untuk siapa dan dimana melakukan pemasaran untuk memaksimalkan efisiensi dan efektivitas. Selain itu, kita juga perlu memahami bagaimana riset pemasaran konten yang dapat membantu untuk menghemat waktu dan uang.

Membuat pertanyaan dan cari tahu jawabannya

Ketika kita memiliki beberapa pertanyaan dan belum menemukan jawabannya, itu akan membuat kita terganggu.

Berikut beberapa pertanyaan yang bisa kita tanyakan untuk diri sendiri:

  • Dimana saya bisa menemukan pengunjung secara online?
  • Apa yang sering dibaca pengunjung?
  • Apa yang sering dilakukan pengunjung?

Cobalah untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut dengan rincian sebanyak mungkin. Semakin banyak informasi yang kita miliki, semakin kita tahu bagaimana cara menjangkau pasar konsumen.

Ingat, berpikirlah dari sudut pandang pelanggan, bukan dari sudut pandang marketer. Jika tidak, kita hanya akan melakukan riset pemasaran konten yang disesuaikan untuk kita sendiri dan hal itu menjadi tidak berguna.

Membuat survey untuk target konsumen

Ketika menemukan beberapa konsumen yang bisa menjawab pertanyaan kita, tanyakan pada mereka apakah mereka bersedia mengisi survey sampai selesai.

Survey ini dapat membantu memberikan saran untuk melakukan pemasaran konten. Jadi, selalu berpikirlah selangkah didepan.

Wawancarai pelanggan lama

Pelanggan lama merupakan sumber daya yang besar. Kita mungkin bisa memberikan insentif, agar mereka bersedia untuk membantu kita melakukan riset pemasaran konten.

Kita bisa mewawancarai mereka dengan mengajukan beberapa pertanyaan berikut:

  • Apa yang membuat kamu membeli produk dari kami?
  • Apa yang paling kamu sukai dari website kami?
  • Apakah kamu membaca setiap postingan dari kami?
  • Apa yang kamu tahu tentang kami?
  • Dimana kamu menemukan konten kami?

Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu kita memahami tentang konsumen, dan mereka juga secara tidak langsung memberikan wawasan tentang dimana kita harus mempublikasikan artikel.

Memata-matai kompetitor/pesaing

Pesaing dapat membantu dalam melakukan riset pemasaran konten. Cara termudah untuk menemukan konsumen adalah dengan melihat pengikut mereka di sosial media. Kita bisa melihat postingan paling populer yang berhubungan dengan konsumen kita. Selain itu, kita juga bisa melihat apa yang dilakukan pesaing, bisa saja mereka melakukan hal yang berbeda dengan yang kita lakukan.

Cari konsumen di media sosial

Dengan jumlah miliaran pengguna media sosial, mungkin saja kosumen berada di salah satu jejaring sosial yang populer. Kita dapat menemukan mereka dengan menggunakan mesin pencari di media sosial.

Gunakan kata kunci yang tepat untuk menemukan orang dengan kata-kata yang ada di bio dan postingan mereka. Setelah menemukan konsumen, follow mereka dan jika mereka follow kita kembali, jangkau mereka. Ini adalah poin inti dari media sosial.

Setelah terhubung dengan banyak orang, kita dapat mulai untuk melakukan riset jenis konten apa yang sering mereka bagikan. Gunakan informasi dalam konten untuk mempublikasikan artikel dengan twist yang unik.

Tren penelitian di Google

Google Trends adalah sumber daya yang besar. Google Trends memberikan informasi tentang apa yang dicari orang secara real time. Kita dapat menggunakan informasi dari Google Trends untuk mempublikasikan konten yang ingin dibaca konsumen.

Ketika kita tahu apa yang konsumen cari, kita dapat mengambil kata kunci tersebut dan mencarinya sendiri. Kita akan melihat website mana saja yang mereka gunakan untuk melihat informasi.

Meskipun kita tidak bisa mendapatkan konten di situs tersebut, kita dapat mengetahui bagaimana konsumen menggunakan situs tersebut. Mereka mungkin membaca artikel atau bahkan berbagi artikel di media sosial. Kita bisa melihat ke media sosial topik apa yang sedang tren. Dengan cara ini, kita bisa membuat artikel dengan topik yang sama, dan menampilkannya kepada pengguna media sosial menggunakan hashtags dan kata kunci.

Kesimpulan

Pemasaran konten sebenarnya tidak sesulit seperti yang dibayangkan. Kita perlu melakukan riset dan kemudian menggunakan informasi tersebut untuk membuat konten yang baik. Setelah memiliki informasi yang cukup, mulailah mempublikasikan konten dan memasarkannya secara efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *