9 Plugin WordPress Untuk Memaksimalkan Font-mu

Ada banyak sekali elemen dalam desain web yang harus kita perhatikan, salah satu elemen tersebut adalah Tipografi. Pemilihan font yang tidak tepat dan terlalu kecil bisa memberikan kesan yang buruk bagi pembaca.

Kali ini, kita akan membahas 9 plugin WordPress yang bisa membantu untuk memaksimalkan penggunaan font, seperti mengubah warna, ukuran, penampilan. Selain itu, plugin ini akan membantu kita dalam mengelola, menyoroti, dan menampilkan font di website menjadi lebih baik.

1. Use Any Font

Dengan plugin ini kita bisa benar-benar menggunakan font yang kita miliki (di TTF, OTF, EOT, WOFF, SVG, dfont formats). Sehingga kita tidak harus bergantung pada font embed service yang biasanya jumlahnya terbatas. Hanya dengan meng-upload font ke WordPress kita bisa langsung menggunakannya.

1

2. Font-resizer

Font-resizer memberikan pilihan kepada pengunjung untuk mengubah ukuran font pada setiap halaman di website kita. Plugin ini menggunakan jQuery untuk menyimpan pengaturan dalam cookies, hal itu berarti bahwa ukuran font akan sama ketika pengunjung kembali lagi mengunjungi website kita.

2

3. Typekit untuk WordPress

Plugin ini memberikan kita kemampuan untuk mengintegrasikan layanan Typekit di website. Kita hanya tinggal memilih ratusan font yang tersedia di Typekit dan menggunakannya di website kita dengan lisensi yang benar dan akses.

3

4. Google Typography

Ada beberapa ratusan font dari Google yang bisa kita gunakan dengan baik melalui Google Typography ini. Kita tidak harus menulis satu baris kode untuk menggunakannya. Cukup tambahkan font kustom yang inginkan kita gunakan di Appearance -> Typography settings page, kemudian menerapkannya dengan HTML tag atau melalui CSS selector.

4

5. Font Squirrel (unofficial)

FontSquirrel adalah salah satu sumber daya terbaik untuk mendapatkan font gratis yang berkualitas tinggi untuk penggunaan pribadi dan komersial. Plugin ini memungkinkan kita untuk memilih salah satu font dari situs tersebut, download dan kemudian gunakan di website kita.

5

6. Simple Pull Quote

Simple Pull Quote memungkinkan kita untuk measukkan quote ke dalam posting blog dengan mudah dan cepat, hanya tinggal klik tombol tombol pullqiote. Kita juga bisa mengganti font, warna dan backgrounds masing-masing kutipan dalam tema file CSS.

6

7. Initial Letter

Selain jarak tab untuk setiap awal paragraf baru, kita juga bisa menggunakan font yang lebih besar untuk huruf pertama di setiap posting. Awalnya cara ini banyak digunakan di buku-buku dan surat kabar, tapi kini kita bisa menggunakannya untuk majalah online dengan plugin ini.

7

8. Styles

Styles adalah plugin yang menawarkan kemampuan untuk membuat kustomisasi tipografi yang lebih lengkap di website. Kita bisa mengubah font, warna, dan ukuran untuk meningkatkan tipografi situs WordPress.

8

9. PS Disable Auto Formatting

Jika kita tidak menyukai format otomatis di WordPress, maka gunakanlah plugin ini. Menghentikan format otomatis dan HTML tag removal pada HTML WordPress dan menghasilkan sebuah paragraf natural dan perubahan line.

9

Itulah 9 plugin wordpress untuk memaksimalkan font-mu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *