8 Tools Terbaik Untuk Mengecek Backlink

backlink

Mendapatkan backlink berkualitas ke situs adalah cara yang bagus untuk meningkatkan peringkat halaman Anda dan mendapatkan lebih banyak visibilitas di hasil pencarian. Salah satu cara untuk mendapatkan backlink yang lebih baik adalah dengan melihat pesaing Anda dan melihat dimana mereka mendapatkan tautan mereka. Anda dapat dengan mudah mengetahui backlink apa yang dimiliki pesaing Anda dengan menggunakan beberapa tools yang ada di pasaran. Ada pilihan gratis dan berbayar untuk membantu Anda memata-matai pesaing. Berikut adalah beberapa pilihan tools pengecekan backlink terbaik yang dapat digunakan.

  1. Majestic SEO

Majestic SEO sebenarnya menawarkan beberapa tools untuk membantu para webmaster. Mereka tidak menggunakan data pihak ketiga untuk menyampaikan informasinya. Anda bisa menggunakannya untuk mencari backlink yang mengarah ke situs Anda sendiri atau ke pesaing, termasuk jumlah domain yang terarah kesana dan alamat IP. Anda juga bisa melihat anchor text, berapa banyak link yang harus diikuti, dan masih banyak lagi. Majestic SEO ini gratis, namun menawarkan informasi tambahan tentang layanan berbayar.

  1. Ahrefs

Anda perlu mendaftar untuk mendapatkan akun gratis dengan Ahrefs dan dapatkan analisis lengkap tentang backlink Anda, termasuk berapa banyak yang dimiliki, dari mana asalnya, anchor text yang digunakan, dan sebagainya. Jika Anda mendaftar ke akun berbayar, Anda bisa mendapatkan analisis yang lebih mendalam dan melacak kemajuan dari waktu ke waktu. Tentu saja, Anda akan mendapatkan semua informasi yang sama untuk situs pesaing, dan Anda dapat membandingkan kemajuan antara Anda dan pesaing sehingga dapat memperbaiki diri.

  1. Open Site Explorer

Moz adalah raksasa lain di dunia SEO, dan Open Site Explorer miliknya dianggap sebagai salah satu tools terbaik yang tersedia untuk analisis backlink. Ini memberi Anda jumlah link untuk situs, dan juga informasi seperti link terbaru, otoritas laman, skor spam, dan otoritas domain.

  1. Google Search Console

Google Search Console adalah bagian dari tools webmaster yang disediakan oleh raksasa pencarian. Di bawah Search Console, Anda dapat melihat “Link Ke Situs Anda”di bagian “Lalu Lintas Penelusuran”. Disana, Anda akan melihat total tautan ke situs, serta konten Anda yang paling ditautkan, situs yang paling sering terhubung dengan Anda, dan anchor text yang digunakan. Anda hanya dapat menggunakan Search Console untuk memeriksa tautan di situs Anda sendiri, namun ini adalah sumber penting yang menawarkan informasi terkini dari sumbernya.

  1. SEMrush

SEMrush memberi Anda banyak informasi penting tentang URL yang Anda masukkan, termasuk backlink yang mengarah ke situs. Anda dapat melacak beberapa situs pesaing dan mendapatkan informasi lengkap tentang tautan. Anda harus mendaftar akun berbayar untuk hal ini, karena situs tersebut memberi Anda sejumlah pencarian yang sangat terbatas secara gratis.

  1. Backlink Watch

Backlink Watch dirancang khusus untuk memata-matai pesaing. Ini memberi Anda informasi seperti jumlah total tautan, anchor text yang digunakan, peringkat halaman, dan banyak lagi. Anda juga bisa mengurutkan berdasarkan link yang diatur. Backlink Watch benar-benar gratis dan Anda dapat menggunakannya kapanpun Anda mau.

  1. Rank Signals

Rank Signals adalah tools pengecekan backlink gratis lainnya yang memberikan banyak informasi bermanfaat. Selain menyediakan jumlah tautan eksternal, alat ini juga menunjukkan jumlah followers situs di sosial media, rangking halaman, dan rangking Alexa. Alat ini gratis, tetapi Anda harus membuat akun untuk mendapatkan laporan lengkap.

  1. Open Link Profiler

Open Link profiler bekerja seperti banyak tools lainnya. Masukkan URL dan dapatkan profil link. Informasi yang ditawarkan jauh lebih luas, termasuk rincian terkait berdasarkan usia, industri, konteks, negara, dan banyak lagi. Anda juga dapat menggunakan alat ini untuk menganalisis tautan apa yang perlu dihapus agar meningkatkan peringkat halaman. Ada banyak filter untuk membantu Anda menyortir data sesuai keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *