8 Rahasia Gmail yang Kamu Tidak Tahu!

gmail

Gmail adalah layanan email yang sangat berguna. Selain gratis, Gmail juga tidak menambahkan iklan ke signature line pada email serta memberikan kapasitas ruang penyimpanan yang besar.

Masih belum yakin? Apa saja sih yang membuat Gmail menjadi istimewa? Berikut adalah beberapa hal yang mungkin tidak kamu tahu tentang Gmail.

1. Gunakan Gmail Offline

Gmail bisa digunakan secara offline dengan konfigurasi yang benar dari Google Chrome. Jika kamu mengirim pesan saat sedang offline, pesan akan dikirim saat kamu online kembali dan dapat ditelusuri melalui pesan yang sudah diterima.

2. Dapatkan Driving Directions dari Gmail

Adakah seseorang yang mengirimkanmu undangan dengan alamat? Google secara otomatis akan mendeteksi alamat pada pesan dan membuat link di sebelah kanan pesan dan menanyakan apakah kamu membutuhkan peta itu atau tidak. Hal ini juga menanyakan apakah kamu ingin melacak paket ketika menerima pesan.

3. Aktifkan fitur Eksperimental dengan Gmail Labs

Gmail Labs merupakan fitur yang memungkinkanmu untuk bereksperimen dengan fitur-fitur yang belum siap untuk dirilis. Jika mereka populer, kemungkinan besar akan dimasukkan ke dalam interface utama Gmail.

Contoh toolnya termasuk Mail Goggles yang mencoba memberikan tes ketenangan sebelum kamu memposting di akhir pekan. Gmail Labs juga menyertakan daftar tugas yang sangat berguna.

4. Tambahkan tema Gmail

Daripada menggunakan background Gmail yang sama, kamu bisa menggunakan tema Gmail sendiri. Beberapa tema bahkan mirip dengan tema iGoogle. Beberapa tema mungkin membuat emailmu lebih sulit untuk dibaca, tapi beberapa tema lainnya cukup menyenangkan.

5. Daftar tugas

Fitur ini butuh waktu lama, tapi sepadan dengan hasilnya. Kamu bisa membuat daftar tugas yang menunjukkan apa yang kamu lakukan dan memungkinkanmu untuk memeriksanya ketika selesai. Hal ini juga memungkinkanmu untuk menetapkan tanggal jatuh tempo dan menambahkan rincian seperti yang kamu inginkan.

Daftar tugasmu dapat tetap tersembunyi, melayang diatas item lainnya pada halaman, atau di jendela baru. Daftar tugasmu juga bisa dilihat di iGoogle atau Google Calender.

6. Dapatkan IMAP dan POP Mail gratis

Banyak sistem Web mail yang bersaing tapi tidak menawarkan akses offline atau biaya secara gratis. Gmail mendukung untuk layanan POP dan IMAP, yang merupakan standar industri untuk desktop email client. Ini berarti kamu bisa menggunakan Outlook, Thunderbird, atau Mac Mail dengan akun Gmailmu.

7. Gunakan Google Apps untuk mengirim Gmail dari domainmu sendiri

Banyak orang yang menggunakan alamat Gmail sebagai kontak profesional mereka, tapi jika kamu khawatir bahwa ini terlihat seperti tidak profesional, ada solusi mudah.

Jika memiliki domain sendiri, kamu bisa menggunakan Google Apps untuk mengubah alamat domainmu ke akun Gmail pribadimu. (Google menggunakan untuk menawarkan versi gratis dari layanan ini, tapi sekarang menjadi berbayar).

8. Mengirim dan menerima Video Hangouts dari Emailmu

Gmail terintegrasi dengan Google Hangouts dan memungkinkanmu mengirim pesan instan dengan kontakmu. Kamu juga bisa terlibat dalam obrolan suara dan video dari PC Windows dan Mac.

Itulah 8 rahasia Gmail yang harus kamu tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *