8 Fitur Google Photo yang Wajib Kamu Tahu

google photos

Google Photos adalah layanan penyimpanan gratis foto dan video yang baru saja diluncurkan Google dalam ajang konferensi tahunan Google I/O 2015.

Layanan ini menawarkan penyimpanan gratis dan tidak terbatas (unlimited) untuk foto dan video dari setiap pengguna, foto hingga 16 MP dan video dengan kualitas 1080p. Google Photos tersedia untuk iOS, Andorid, dan aplikasi desktop yang memungkinkan kita untuk melakukan sinkronisasi foto dan video dari perangkat mobile, PC, kamera, atau SD cards.

Penasaran apa saja fitur Google Photos ini? Yuk, intip ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Upload foto dan video semakin mudah

Dengan Google Photos, upload foto dan video kini menjadi semakin mudah. Selain fitur sinkronisasi otomatis melalui desktop dan aplikasi mobile, kita juga bisa mengupload foto melalui menggunakan fitur “drag-and-drop” pada browser melalui alamat photos.google.com. Disitu kita bisa drag-and-drop banyak foto dan video sekaligus.

1

Setelah terupload, kita bisa memanipulasi foto, membagikan foto ke Facebook dan Twitter, membuat album, dan lainnya.

2. Tidak ada foto dan video yang sama (duplikat)

Nah, salah satu fitur keren di Google Photos adalah tidak akan ada foto dan video yang sama/duplikat. Hal ini karena Google Photos akan secara otomatis menggabungkan jika terdapat dua atau lebih foto dan video yang sama.

3. High-Quality

Google Photos memberikan kita dua pilihan pengaturan backup, yaitu High Quality (unlimited) dan Original. Sebelum mengupload foto, pastikan kita mengatur Google Photos ke High Quality.

2

Ketika kita login melalui aplikasi mobile, Google akan menampilkan pengaturan ini saat kita menggunakan aplikasi untuk pertama kalinya. Jika login melalui Web, kita bisa mengaturnya di menu Settings.

4. Pencarian

Google Photos juga dilengkapi dengan fitur pencarian yang canggih. Kita bisa mencari foto menggunakan kata kunci seperti ketika mencari gambar di pencarian Google. Misalnya, kita mengetikan kata kunci “food”, maka Google Photos akan menampilkan gambar tentang makanan.

3

5. Mudah melakukan seleksi

menyeleksi foto dan video di Google Photos keduanya sama-sama mudah. Di aplikasi mobile, cukup dengan menahan jari pada foto untuk mulai menyeleksi.

4

Jika di Web, kita hanya perlu menekan tombol shift pada keyboard untuk memilih beberapa foto sekaligus, atau menggunakan Ctrl/Cmd untuk memilih foto tunggal.

6. Tampilan galeri

Google Photos juga menggabungkan gerakan swipe dan pinch dihampir setiap sudut di aplikasi mobile. Jika kita berada di mobile, Google Photos akan mengatur semua foto ke dalam bentuk grid (kotak-kotak), dengan thumbnail berukuran sedang.

Pinch ke luar akan mengatur tampilan menjadi “Comfortable View”, dengan foto yang lebih besar. Pinch ke dalam untuk mengatur tampilan menjadi “Compact” dengan thumbnail berukuran kecil jadi kita bisa melihat lebih banyak foto di layar.

7. Editing foto

Google Photos juga dilengkapi dengan editor foto yang cukup memadai. Untuk mulai mengedit, klik pada foto. Cari dan klik tombol edit dengan ikon pensil di bagian kanan atas. Jika menggunakan aplikasi mobile, ikon edit berada di bawah gambar.

5

Di menu edit terdapat toolbar baru yang memungkinkan kita untuk melakukan editing gambar dasar seperti crop, shade, lights, dan colors. Selain itu, kita juga bisa menambahkan efek seperti pada Instagram.

8. Kompresi gambar

Terakhir, fitur yang kurang diperhatikan orang adalah kompresi gambar. Setiap kita upload foto apa pun ke Google Photos, makan ukuran foto akan dikompresi.

6

Sebuah foto yang awalnya berukuran 11.2 MB akan menjadi hanya 2.4 MB, ini berarti tingkat kompresinya hamppir 80%. Sebagai perbandingan, JPEGMini compressions hanya dapat mengkompresi foto yang sama menjadi 3.2 MB. Selain tempat menyimpan foto, Google Photos juga merupakan tools yang bagus bagi web developer untuk mengoptimalkan penggunaan gambar di website sehingga dapat meningkatkan kecepatan.

Itulah 8 fitur keren dari Google Photos. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *