5 Tips Jitu Meningkatkan User Experience Di Toko Online-Mu

Dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna online yang memanfaatkan internet untuk mencari porduk dan berbelanja online, ini membuka peluang besar bagi bisnis ecommerce untuk menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi pelanggan. Sebuah website atau aplikasi ecommerce memilki kemampuan untuk menciptakan pengalaman positif atau negatif bagi pelanggan. Sebagai pelaku bisnis online, Anda harus menyadari bahwa pengalaman pelanggan saat berbelanja adalah penting dan ini bisa sangat mempengaruhi reputasi brand Anda di mata pelanggan.

Cobalah untuk memposisikan diri sebagai pelanggan. Ketika Anda mengunjungi website atau aplikasi perusahaan Anda sendiri, apakah itu terlihat mudah? Apakah Anda bisa menemukan apa yang Anda cari dengan mudah tanpa memilah-milah beberapa halaman? Apakah Anda bisa melakukan check out dengan mudah? Apakah situs Anda menyediakan fitur keamanan yang baik? Hal ini menjadi penting untuk mempertimbangkan semua faktor ini. Idealnya, selain menarik pengunjung, Anda juga harus tahu bagaimana membuat situs yang mudah digunakan oleh pelanggan.

Berikut beberapa faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan:

1. Apakah load time situs cepat?

Menurut The Guardian, 32% pengguna online akan meninggalkan situs dengan load time lebih dari 5 detik! Dengan jangka waktu sesingkat ini, Anda tidak punya banyak waktu untuk membuat pembeli online terkesan. Jika website Anda memiliki loading yang lambat, bisa jadi salah satu penyebab utamanya adalah grafis dan add-ons. Jika Anda menggunakan grafis atau add-ons yang terlalu berat, mungkin Anda perlu mempertimbangkan kembali penggunaan grafis dan add-ons tersebut untuk meningkatkan kecepatan loading situs Anda.

Untuk memeriksa kecepatan loading sebuah website, Anda bisa menggunakan http://tools.pingdom.com/fpt/.

2. Apakah navigasi situs mudah digunakan?

Ketika pelanggan mengunjungi situs Anda, apakah mereka bisa dengan mudah menemukan halaman web yang ingin mereka cari? Tidak ada yang lebih menjengkelkan dari tidak bisa menemukan apa yang Anda inginkan ketika mencari sebuah website. Jika pelanggan kesulitan untuk mencari produk dan jasa atau mengakses halaman web dengan cepat untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, maka situs Anda termasuk situs dengan sistem navigasi yang buruk. Menggabungkan kotak pencarian dan tab yang mudah dibaca merupakan cara terbaik untuk meningkatkan navigasi dan memastikan bahwa pelanggan bisa dengan mudah mengakses informasi yang mereka butuhkan.

Mengatur heatmaps pada situs Anda adalah cara yang bagus untuk melihat interaksi pengguna dan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana mereka menavigasi melalui konten Anda. Ini juga akan membantu untuk melihat konversi dan penempatan navigasi yang baik.

3. Dapatkah pelanggan menuliskan review?

Ketika pelanggan tertarik pada produk atau layanan tertentu, dapatkah mereka menuliskan review khusus tentang produk tersebut dengan mudah? Jika tidak, maka Anda perlu bekerja untuk mengembangkan grafis yang lebih baik untuk produk serta meningkatkan deskripsi produk. Seorang pelanggan tidak harus mencari tahu semua tentang produk atau jasa tertentu termasuk harga, ketersediaan dan sebagainya.

Situs yang paling sukses diinternet adalah situs yang memudahkan pelanggan untuk membeli dan memberikan review produk. Amazon.com dan eBay.com adalah contoh yang bagus tentang bagaimana membuat review pelanggan.

4. Dapatkah pelanggan melakukan check out dengan mudah?

Ketika menemukan produk atau layanan yang menarik, biasanya kita ingin segera membelinya. Jika pelanggan mengalami kesulitan dalam proses checkout, mereka mungkin akan pindah ke penyedia layanan lainnya. Anda mungkin perlu meninjau kembali situs Anda dan memastikan bahwa Anda memiliki beberapa hal sebagai berikut: Apakah proses pembuatan account terlalu lama? Apakah ada lebih dari satu metode pembayaran yang tersedia? Apakah ada fitur keamanan yang tersedia (dan terlihat) bagi konsumen ketika memasukkan informasi pribadi mereka?

5. Dapatkah pelanggan menghubungi layanan pelanggan untuk bantuan?

Meskipun semua ide dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang positif sehingga mereka bisa dengan mudah melakukan transaksi tanpa bantuan, namun ada beberapa kasus dimana pelanggan memerlukan bantuan. Sangat penting untuk memiliki informasi kontak yang jelas dalam website. Apakah itu dalam bentuk chat, form contact us, alamat fisik, email atau nomor telepon perusahaan, semua itu harus ditempatkan pada setiap halaman dari situs Anda untuk memastikan agar pelanggan tahu dan mereka bisa menghubungi Anda untuk meminta bantuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *