5 Perbedaan Utama Layanan Web Hosting Gratis Dan Berbayar

Picture Source : Google
Picture Source : Google

Bagi para pemilik bisnis online, layanan web hosting gratis tampaknya masih menjadi pilihan yang menarik karena tidak membutuhkan biaya berlangganan seperti halnya pada layanan web hosting berbayar. Namun sebaiknya anda juga perlu mengetahui perbedaan mendasar dan signifikan antara penyedia layanan web hosting gratis dan berbayar, sehingga anda tidak terburu-buru dalam menentukan pilihan hanya semata karena faktor biaya. Berikut ini adalah lima perbedaan utama antara penyedia layanan web hosting gratis dan berbayar yang perlu anda ketahui.

  1. Alamat Domain

Perbedaan yang paling mencolok antara kedua jenis layanan web hosting tersebut adalah alamat domain. Platform web hosting gratis akan memberikan alamat domain yang mencakup nama perusahaan mereka ke dalam URL. Hal ini tentu tidak akan menciptakan citra profesional yang baik untuk sebuah bisnis karena pelanggan tidak memilki situs yang secara khusus merepresentasikan nama bisnis mereka. Sebaliknya, platform web hosting berbayar akan menyediakan nama domain pribadi untuk anda, sehingga akan menciptakan suatu identitas unik untuk sebuah bisnis milik klien.

  1. Kehandalan

Ini adalah salah satu fitur utama yang paling membedakan layanan web hosting berbayar dengan layanan web hosting gratis. Biasanya, layanan web hosting gratis tidak menawarkan uptime yang sama seperti perusahaan web hosting berbayar. Jadi, situs yang disediakan oleh layanan web hosting gratis akan sangat rentan mengalami banyak downtime. Hal ini tentu akan menimbulkan dampak negatif bagi sebuah bisnis karena akan dapat mengakibatkan hilangnya pelanggan dan pendapatan. Sementara itu, sebagian besar layanan web hosting berbayar menjamin kestabilan uptime hingga 99% yang tentu akan sangat penting untuk operasional sebuah bisnis.

  1. Peringkat Mesin Pencari

Mendapatkan peringklat yang tinggi pada mesin pencari merupakan hal wajib yang paling dicari oleh setiap bisnis online di era digital seperti sekarang ini. Kasus yang paling sering ditemukan pada layanan web hosting gratis adalah mereka sangat sering menampilkan iklan serta link yang tidak relevan pada sebuah website. Selain itu, platform ini juga sering digunakan oleh para spammer untuk membuat sebuah dummy website. Faktor-faktor tersebut sangat tidak disukai oleh mesin pencari seperti Google sehingga sangat berakibat pada penurunan peringkat mesin pencari. Namun, hal tersebut tidak akan pernah anda temui apabila anda menggunakan layanan web hosting berbayar.

  1. Bandwidth dan Ruang Penyimpanan

Layanan web hosting berbayar sebagian besar telah memberikan kebebasan bagi klien untuk memilih dari berbagai paket yang ditawarkan dengan bandwidth dan ruang penyimpana yang berbeda sesuai kebutuhan. Sebaliknya, layanan web hosting gratis hanya menawarkan bandwidth dan ruang penyimpanan yang terbatas yang membuat anda tidak bisa leluasa untuk melakukan beberapa hal penting seperti mengupload dan mentransfer video, foto, peta dan sebagainya. Di samping itu, beberapa penyedia layanan web hosting gratis akan membatasi akses kepada penggunanya setelah mereka mencapai bandwidth limit yang telah ditentukan. Hal ini akan mengakibatkan anda mungkin harus menunggu untuk jangka waktu lama jika anda ingin mengubah konten situs anda.

  1. Dukungan dan Bantuan

Mayoritas layanan web hosting gratis tidak memberikan dukungan langsung dalam masalah teknis apapun. Tentu hal ini akan menjadi masalah besar untuk sebuah situs yang kompleks yang sangat bergantung pada sebuah database seperti MySQL, PHP dan Perl script. Sedangkan jika anda menggunakan layanan web hosting berbayar, anda akan mendapatkan dukungan penuh selama 24 jam selama seminggu yang dapat anda akses melalui telepon, email ataupun live chatting. Hal ini tentu akan sangat memberikan jaminan ketenangan bagi sebuah bisnis.

Setelah anda mengetahui lima perbadaan mendasar antara kedua layanan web hosting tersebut, semoga anda jadi benar-benar mengerti mana yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Sehingga anda bisa lebih cermat dan teliti dalam memilih layanan web hosting mana yang akan anda gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *