5 Aspek Penting Dalam Memilih Perusahaan Web Hosting

 

web hosting
Picture Source : Google

 

Semua pebisnis tentu ingin memiliki sebuah website yang cepat, stabil, mudah dikelola dan biaya hosting yang murah. Pada dasarnya, semua aspek tersbut sudah ditawarkan oleh setiap perusahaan web hosting. Namun, anda jangan terburu-buru untuk memilih, sekalipun perusahaan web hosting menawarkan anda dengan iming-iming di atas, anda tetap harus cermat sebelum memilih perusahaan web hosting mana yang akan anda pilih. Dalam artikel kali ini, kami mencoba membantu anda agar lebih mudah dalam memilih perusahaan web hosting yang anda gunakan melalui empat aspek penting yang harus anda perhatikan ketika memilih sebuah perusahaan web hosting.

  1. Fitur

Fitur sebuah web hosting biasanya merupakan elemen utama yang digunakan para perusahaan dalam pemasaran produk mereka. Hal ini sebenarnya cukup tricky, anda harus teliti dalam memilih. Kasus yang paling banyak ditemui adalah banyaknya perusahaan web hosting yang menawarkan fitur unlimited sites, bandwith, ruang penyimpanan dan fitur pendukung lainnya namun pada kenyataannya tidak seperti apa yang ditawarkan. Jangan ragu untuk terus mencari review serta komentar para pengguna lain sebagai bahan pertimbangan.

  1. Harga

Faktor harga biasanya dianggap sebagai hal yang paling harus diperhatikan oleh para user yang sudah berpengalaman. Semakin murah harga sebuah web hosting, justru merupakan sebuah peringatan agar lebih berhati-hati. Kesalahan yang paling umum terjadi adalah banyak user yang berlanggananan web hosting dengan harga murah namun pelayanan yang didapat jauh dari kata memuaskan. Contohnya adalah manajemen situs yang tidak user-friendly sehingga mempersulit kita untuk mengkonfigurasi sebuah website, sumber daya dan tenaga pendukung yang kurang profesional serta fitur costumer service yang buruk.

  1. Dukungan teknis

Dukungan teknis bisa diibaratkan adalah ‘jantung’ dari sebuah web hosting. Web hosting tidak akan bekerja dengan baik jika anda tidak memiliki tim pendukung yang kompeten. Pastikan perusahaan web hosting yang anda pilih memiliki tim pendukung yang selalu online 24 jam selama 7 hari penuh tanpa libur kapanpun anda membutuhkannya. Selain itu pastikan juga tim pendukung anda selalu melyani dengan cepat dan maksimal sekecil apapun keluhan anda.

  1. Teknologi hosting

Anda tentu harus tahu, teknologi seperti apa yang terbaik dan cocok untuk anda. Pilihan yang paling populer digunakan oleh para website builder biasanya menggunakan sistem berbasis open source yang di dalamnya termasuk Linux, Apache, MySQL dan PHP atau yang biasa disebut dengan LAMP.  Alasan mengapa teknologi ini populer digunakan antara lain cepat dan stabil, hampir semua aplikasi web yang populer (seperti Joomia, phpBB, Drupal dan WordPress) menggunakan sistem open source, memiliki basis komunitas dan dukungan yang kuat dan mudah untuk digunakan.

Setelah mengetahui aspek penting di atas, semoga ke depan anda akan menjadi lebih teliti dalam memilih perusahaan web hosting yang anda gunakan. Sehingga anda pun akan merasakan manfaat maksimal untuk kemajuan website dan keuntungan bisnis anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *