4 Pattern User Interface Untuk Meningkatkan Interaksi Pengguna

webdesign

User Interface (UI) adalah bagian yang paling penting dalam sebuah website. UI berhubungan langsung dengan apa yang dilihat dan dirasakan oleh pengunjung. User Interface yang baik adalah yang tidak disadari, maksudnya adalah ketika pengunjung mengakses website, mereka mampu menggunakan dan memahami setiap fungsi yang ada pada website dengan mudah.

Selain itu, UI yang baik bisa membuat pengguna menjadi fokus pada informasi yang ditampilkan dan merasa nyaman ketika berinteraksi dengan website tersebut. Sebenarnya tidak ada cara yang paling tepat untuk merancang UI website, karena setiap website memiliki tujuan, strategi, dan gaya sendiri. Pada atikel ini kami akan memberikan tips pattern UI yang baik untuk meningkatkan interaksi pengguna.

1. Input controls

Input controls yang baik memungkinkan pengguna untuk berinteraksi lebih dalam dengan website. Tapi ada paradoks di sini, pengguna biasanya ingin kontrol yang lebih, tapi setiap kontrol baru bisa membuat kacau desain user interface pada layar. Salah satu cara terbaik untuk menemukan keseimbangan adalah dengan memiliki controls on demand.

Baca juga: Inilah 7 Tips Tombol CTA yang Harus Kamu Tahu

Ini adalah solusi cerdas dan efektivitas dalam penggunaan input controls. Banyak situs-situs besar yang telah menerapkan cara ini. Misalnya, Pinterest menyembunyikan kontrol dan akan ditampilkannya melayang di atas konten yang disorot, atau Google Docs menyembunyikan kontrol di menu drop-down melalui tab.

2. Navigasi

Salah satu elemen penting dalam desain UI adalah platform navigasi yang berfungsi dengan baik. Navigasi benar-benar diperlukan untuk setiap situs, tidak peduli seberapa besar situs kita, jika pengguna tidak bisa menemukan apa-apa itu akan menjadi sia-sia. Pastikan untuk merancang sistem navigasi yang baik dan mudah digunakan oleh pengguna.

3. Guided actions

Guided actions memungkinkan kita untuk mendorong keterlibatan yang lebih dalam, interaksi, dan bahkan feedback, selama actions yang kita buat tidak rumit.

LinkedIn adalah salah satu contoh terbaik yang menerapkan guided actions. Setelah membuka halaman, pengguna biasanya akan melihat petunjuk untuk melakukan tindakan, misalnya menambahkan informasi yang berkaitan dengan kursus, organisasi atau organisasi non profit yang kita terlibat didalamnya.

Keuntungan untuk LinkedIn adalah akan mendorong keterlibatan pengguna yang lebih dalam dengan situs mereka, meningkatkan investasi pengguna dan pengalaman pengguna.

4. Pengaturan default

Pengguna jarang mengubah pengaturan default, sekalipun jika mereka memiliki pilihan tersebut. Itu berarti adalah kesempatan kita untuk pertama kali melakukan yang terbaik.

Kita bisa memilih pengaturan default untuk tindakan yang kita inginkan agar diikuti oleh pengguna. Contoh Living Social, default audience untuk email deals adalah “everyone”, yang mendorong pengguna untuk meneruskan deals ke lebih banyak orang.

Elemen desain UI seperti input controls, navigasi, pengaturan default, dan guided actions semuanya adalah komponen yang harus ada dalam merancang desain UI yang bagus. Tapi, itu piihan kita bagaimana untuk menerapkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *